Sunday, February 27, 2011

menginstall OS di dalam OS

Menginstall OS didalam OS, mungkin merupakan hal yang tabu bagi sebagian orang, mungkin juga tidak. Tapi apakah mungkin OS bisa terinstall didalam OS?. Jawabannya Ya, tentu bisa.
Di postingan kali ini aku mau membuat tutorial bagaimana cara menginstall OS di dalam os menggunakan Oracle VM Virtual Box yang bisa di download di hompage-nya. Barang kali aja ada yang tidak tau bagaimana cara menginstallnya, dan setelah membaca artikel ini menjadi tau. hohoho.
Padahal selain Virtual box ada juga Virtual Machine, tapi saya lebih memilih Virtual box aja deh, dengan alasan yang tidak bisa saya sebutkan. hehehe,,,

Langsung saja dengan basa-basi cekidot :

1. Pertama-tama berdoalah terlebih dahulu semoga dimudahkan untuk menginstallnya.
2. Jalankan Virtual boxnya yang sudah di install, apabila belum punya softwarenya bisa di download di homepagenya

 3. Untuk membuat yang baru Klik aja baru (tombol yang berwarna biru), Setelah itu akan ada tampilan seperti pada gambar di bawah ini, klik aja Next
 4. Kasih nama Os yang mau di install, disini saya memberi nama windows xp, berhubung yang mau di installnya adalah OS windows Xp.
 5. Jika sudah maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini. Tampilan berikut ini merupakan tampilan untuk memilih kapasitas RAM yang akan di gunakan pada OS yang akan kita install.
Catatan : Jangan memasukan value/nilai ram melebihi setengah kapasitas RAM yang ada di OS host, karena itu akan mengakibatkan kinerja OS di host maupun di Virtual menjadi lelet. Jika sudah tekan Next
 6. Maka akan ada tampilan seperti ini, kasih centang Boot Hard disk sama Create new hard disk, lalu tekan next. dan next lagi.
7. Point ke tujuh, ikuti seperti gambar di bawah ini. dan tekan Next
 8. Isikan kapasitas Hard Disk yang akan di gunakan. Lalu tekan next. Dan setelah itu klik finish.

9. Jika sudah kita langsung bisa menjalankan VirtualBox-nya dengan klik Start.

10. Ikuti proses installasi OS Guest sampai selesai. Tambahan sedikit secara default untuk perpindah kursor dari OS Host ke OS Guest Anda cukup mengklik layar VirtualBox dan jika kursor ingin kembali ke OS Guest cukup menekan CTRL (kanan) pada keyboard. Dalam VirtualBox ini juga bisa melakukan pertukaran (sharing) data antar OS Host dengan OS Guest. Untuk lain kali pasti saya akan membahas pertukaran (sharing) data ini.

2 comments:

anisayu said...

Wahhhh ini ilmu mahal bagiku, nyoba ah mudah2an bisa,,,,,

Djendral Berbagi said...

Mantab nih sofware, bagi blogger yang hobi mengkoleksi OS, wajib punya OS ini.... ditunggu postingan yang mantab-mantab lainnya.

NB: Link agan sudah terpasang di http://djendral-berbagi.blogspot.com/

:01 :02 :03 :04 :05 :06 :07 :08 :09 :10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17 :18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25 :26 :27

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Popular Posts

Powered by Blogger | Printable Coupons